gravatar

Nama 'DOMAIN & ADD DOMAIN'

Apa itu 'DOMAIN' ??

Domain Name adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi server komputer di jaringan komputer yang tergabung dalam internet.

Berdasarkan artikel di wikipedia:
A domain name is an identification label to define a realm of administrative autonomy, authority, or control in the Internet, based on the Domain Name System (DNS).


Apa itu Add-on Domain? :

Add-on Domain adalah domain yang diarahkan ke sub-direktori sebuah website. Misalnya anda mempunyai sebuah alamat website: domain-A.com, anda bisa Add-on domain-B.com dan diarahkan untuk menampilkan apa yang ada di domain-A.com/sub-direktori/.

Ketika domain-B.com/index.html diakses dari Internet, pengunjung tidak akan merasakan adanya perbedaan, domain-B.com akan tampil layaknya seperti domain biasa bagi pengunjung. Apa yang ditampilkan sebenarnya berada di domain-A.com/sub-direktori/index.html.

Add-on domain berbagi (share) dengan main account dalam segala hal, termasuk diskspace, bandwidth & cPanel. Anda tidak akan mendapatkan cPanel untuk setiap add-on domain yang ditambahkan, semua diatur dalam satu cPanel Main account (cPanel domain-A.com dalam contoh). Pembuatan FTP account & Email Account untuk domain-B.com dapat dilakukan di cPanel domain-A.com.

Kesimpulannya:
Add-on Domain tidak mendapat cPanel tersendiri, tapi secara fungsi & fitur, sama saja dengan domain / account biasa. Fitur Add-on domain ini tidak dibatasi, artinya anda boleh menambahkan berapapun domain yang anda miliki selama diskspace mencukupi.


Cara memiliki domain :
Domain bisa kita miliki secara gratis, ataupun dengan membeli/menyewanya. Untuk yang gratisan, anda bisa mencarinya di google search dengan kata kunci free domain.
Salah satu domain adalah domain dengan ekstensi .co.cc. Langsung saja klik www.co.cc dan lakukan pendaftaran pada website tersebut. Setelah mendaftar, silakan masuk ke menu add new domain dan ciptakan domain Anda.
Adapun untuk mendapatkan domain yang tidak gratis, seperti .com, .net, .org, .biz, dan lain sebagainya, Anda bisa membelinya melalui reseller yang sudah sangat banyak di Indonesia, salah satunya adalah DijaminMurah.com, MasterWebNet.Com, RumahWeb.Com, dan lain sebagainya.




Nama Domain antara Lain:


nama domain .com
Nama domain yang paling populer, awalnya untuk menunjukkan identitas perusahaan (commercial) tapi sekarang boleh dimiliki oleh siapa saja

nama domain .net
Nama domain populer kedua setelah .com. Awalnya ditujukan untuk penyedia jasa internet (network) tapi sekarang boleh dimiliki siapa saja

nama domain .org
Nama domain yang juga populer yang awalnya ditujukan bagi organisasi, yayasan atau lembaga nirlaba (organization) tapi sekarang boleh dimiliki oleh siapa saja

nama domain .info
Nama domain yang ditujukan bagi situs yang memuat hal-hal tentang informasi untuk segala bidang. Tetapi tetap saja nama domain ini boleh dimiliki siapa saja.

nama domain .biz
Nama domain untuk menunjukkan bahwa situs anda adalah situs bisnis

nama domain .name
Nama domain yang paling tepat untuk situs pribadi anda.

nama domain .us
Jika anda tinggal di Amerika Serikat, anda bisa menggunakan akhiran ini untuk menunjukkan domisili anda, atau untuk menjadi bagian nama website anda seperti del.icio.us

nama domain .cc
Nama domain yang paling tepat sebagai alternatif .com yang sudah banyak dipesan. Bisa digunakan sebagai singkatan dari credit cards

nama domain .asia
Domain yang sangat baik digunakan untuk SEO jika anda mentargetkan pengunjung dari ASIA. Domain yang baru diluncurkan ini memiliki banyak domain yang masih bisa didaftarkan.

nama domain .in
Nama dari India ini bisa digunakan sebagai bagian dari nama anda, dengan banyaknya nama orang Indonesia dengan akhiran ini

nama domain .tv
Nama domain yang memiliki citra showbiz yang kuat (televisi). Awalnya merupakan nama domain untuk negara Tuvalu, tetapi kemudian dilepas untuk semua negara.

nama domain .ws
Nama domain yang universal dan mudah diingat karena dipasarkan sebagai singkatan dari website ini awalnya untuk negara Samoa, dan kemudian dilepas untuk semua negara

nama domain .bz
Sebagai alternatif yang paling baik untuk nama domain .biz karena hanya terdiri dari dua huruf

nama domain .sh
Tepat sekali untuk digunakan oleh profesional di bidang hukum karena bisa dijual sebagai sarjana hukum

nama domain .cn
Nama domain untuk negara China yang dipasarkan untuk semua negara. Domain yang tepat untuk merebut pasar China yang besar.

nama domain .tw
Nama domain dari Taiwan dengan nama domain tingkat kedua. Domain tepat untuk menunjukkan eksistensi anda di Taiwan.

nama domain .eu
Walaupun awalnya ditujukan untuk pasar Eropa tapi kemudian boleh dimiliki siapa saja. Masih banyak nama domain yang bisa didaftarkan

nama domain .de
Awalnya untuk negara Jerman, dan kini bisa dimiliki oleh semua orang. Cocok juga digunakan sebagai bagian nama anda.

nama domain .vg
Punya kelompok vokal? Daftar dengan nama domain ini untuk menunjukkan situs anda. Tidak ada nama domain lain yang paling cocok untuk vocal group selain ini.

nama domain .tc
Nama ini tepat sekali untuk lembaga training center, baik lembaga belajar, maupun tempat fitness atau olah raga lainnya.

nama domain .nu
Tunjukkan bahwa situs anda merupakan situs dengan konten yang selalu baru dengan nama domain ini