gravatar

Donor Organ dan Jaringan Tubuh

Ada sebagian orang sukarela mendonorkan organ atau jaringan tubuhnya kepada orang lain setelah meninggal. Hal ini tentunya sangat membahagiakan bagi orang yang sudah lama menunggu ‘hadiah’ dari orang yang sudah meninggal. Organ dan jaringan apa saja yang bisa didonorkan setelah orang meninggal?



Pencocokan jaringan moderen, teknik pembedahan, serta obat anti penolakan telah memungkinkan mukjizat terjadi dalam bentuk transplantasi (cangkok) organ dan jaringan.

Ada banyak orang yang menunggu organ orang lain untuk membantunya bertahan hidup atau meningkatkan kualitas hidup. Tetapi jumlah orang yang membutuhkan cangkok organ bahkan jauh lebih banyak ketimbang orang yang mau dengan sukarela menyumbangkan organ tubuhnya setelah meninggal.

Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, dari satu tubuh manusia dapat menyediakan 50 kesempatan untuk proses cangkok.

berikut organ dan jaringan manusia yang bisa didonorkan setelah meninggal :

ORGAN TUBUH :
1. Mata
2. Ginjal
3. Paru-Paru
4. Jantung
5. Hati
6. Pankreas

JARINGAN TUBUH :
1. Tulang
2. Katup Jantung
3. Kulit

Organ yang dapat membantu memperpanjang hidup adalah jantung atau hati. Cangkok jantung dan hati dapat membantu orang lain yang mengalami gagal jantung atau hati bertahan hidup lebih lama.

Sedangkan mata, ginjal dan kulit dapat meningkatkan kualitas hidup orang lain. Donor mata dapat memberikan orang buta kesempatan untuk dapat melihat kembali. Donor kulit membantu pasien luka bakar parah dan ginjal membantu orang yang mengalami gagal ginjal agar tidak bergantung dengan dialisis (cuci darah).





Syarat Menjadi Donor Mata



Jika Anda ingin menjadi calon pendonor mata, datang saja ke Bank Mata Pusat Jl. Letjen S. Parman Kav 87/A3 Jakarta 11420 Telp. 5684527 atau Fax: 62-21-5684527
Calon donor mata kemudian mengisi formulir yang harus disetujui oleh suami/istri, atau ahli waris lain. Bagi yang masih belum berkeluarga, persetujuan bisa dari orangtua. Calon pendonor mata akan menjadi bagian dari Perkumpulan Penyantun Mata Tuna Netra dan diberi kartu anggota lengkap dengan pasfoto. Kartu itu sebaiknya selalu dibawa ke mana pun Anda berada.

Tidak semua orang bisa menyumbangkan matanya jika sudah meninggal. Mereka yang tidak bisa menjadi donor mata jika:

1. Matanya rusak, misalnya bagian hitam pada bola mata sudah berubah menjadi keputihan akibat kecelakaan atau infeksi.
2. Mereka yang pernah mengalami operasi katarak.
3. Penderita glaukoma.
4. Mereka yang mempunyai penyakit kronis akibat virus, seperti hepatitis B dan C, atau AIDS. Pada orang yang menderita penyakit-penyakit tersebut, virus biasanya juga menyebar ke bagian mata.
5. Mereka yang menderita cytomegalo virus dan menimbulkan Meningitis.
6. Mereka yang meninggal karena rabies.
7. Mereka yang menderita kanker sistemis semisal leukimia.

Menyumbangkan organ tubuh untuk orang lain memang tindakan yang sangat mulia. Tapi sayangnya tidak semua orang setuju dengan tindakan tersebut, terutama keluarga.

Keputusan untuk menjadi donor organ adalah sebuah keputusan yang membutuhkan keberanian. Apalagi masalah norma, etika dan budaya masih sangat kental seperti di Indonesia.

sumber

gravatar

nama saya adi, 30 tahun,saya mau donorkan 1 mata saya untuk 30 juta dalam keadaan masih hidup,serius hub mail ini lonelostscout@gmail.com

gravatar

saya ingin menjadi anggotaa pendonor, tapi saya tak bisa memberitahu ortu saya. Apa yg harus saya lakukan?

gravatar

saya ingin mendonorkan hati dan ginjal saya. saya tinggal di palembang umur 25thn gol.AB kontak saya : 087897710844
dheonhora13@gmail.com

gravatar

saya ingin mendonor bisa hubungi 085339058422

gravatar

sayaigin mendonorkan ginjal saya...
silakan hubungi 085339058422
saya sedang mdngalami kezulitan ekonomi
siapa tau ada yang bisa membantu masalah saya saya siap memberikan ginjal saya.

gravatar

Sy ingin mendonorkan hati sy jika minat hubungi sy 085781722047...,sb sy lg mengalami kesulitan ekonomi

gravatar

Sy mau mendonorkan hati hubungi sy 085781722047

gravatar

Sb sy lg kesulitan ekonomi tolong dibantu